Selasa, 30 April 2013

Antara Kita dan Kami (penggunaan bahasa indoneia yang kurang tepat)

Edit Gambar dari http://www.google.com/imgres?imgurl=http://www.koreaittimes.com/images/question%2520mark.jpg&imgrefurl=http://www.koreaittimes.com/image/question-mark&usg=__-1GK9dGERRK2kb8Q4xrEhmULYcQ=&h=387&w=310&sz=20&hl=id&start=23&sig2=Nc_h6IZBGQCfF20CzZ7Pow&zoom=1&tbnid=H4Z5XVMYwUj1iM:&tbnh=123&tbnw=99&ei=fklzUeG2JsPlrAfWx4DICA&um=1&itbs=1&sa=X&ved=0CDAQrQMwAjgU
Semua perhatianku mulai terpusat pada kata "Kita" yang digunakan pada waktu dan tempat yang salah, dan kata kami yang mulai terlupakan. dalam suatu wawancara di televisipun sama, lebih ironisnya lagi ketika yang menggunakan kata"Kita" yang rancu itu adalah para pejabat dan pubic figure yang seharusnya tahu perbedaan antara kata "Kami" dan "Kita". (kalau gak percaya perhatikan saja acara di televisi anda, misal: talk show Hitam Putih (perhatiakn tamunya pada saat menceritakan mengenai dirinya dan abaikan hostnya he13x sori mas Dedy...!). dalam debat Indonesia Lawyers Club (TVOne).

Di beberapa forum pun kadang kita temui penggunaan kata seperti itu. bahkan teman saya pun berkata: "kita mau jalan jalan, kamu(saya) mau ikut apa gak?" nha dalam kasus ini seharusnya saya terlibat didalamnya tanpa perlu diajak lagi, membingungkan?

sekaraang saya jelaskan
PERBEDAANYA
:
http://ivan.lanin.org/kami/
gambarnya saja
Dari Gambar disamping seharusnya kita bisa mengetahuniya, ini simpel:
  • Kita (We dalam bahasa inggris) adalah kata ganti saya untuk orang pertama (prmbicara) dan orang kedua (pendengar) atau orang pertama (pembicara) dan orang ketiga (pembicara) dan orang ke dua (pendengar) dan orang keduaterlibat dalam suatu percakapan. contoh: dalam suatu percakan antara si A, si B dan si C, Si A berkata: "kita (A+B+C) akan mengadakan meeting di kantor hari ini", yang berarti si A,B dan C terlibat dalam topik pemberitahuan tersebut.
  • Kami (Our dalam bahasa inggris) adalah kata ganti saya untuk orang prtama (Pembicara), kedua (Pembicara) dan orang ketiga (pendengar) dimana  Pendengar tidak termasuk dalam pembicaraan. contoh: dalam suatu percakapan antara si A, si B dan Si C, si A berkata: "kami (A+B) telah mengikuti meeting di kantor bapak (C)", yang berarti si A dan si B memberitahikan sesuatu dimana si C tidak terlibat dalam topik pemberitahuan tersebut.
Mungkin pembaca mulai gamblang tentang perbedaan ini, dan saya harap materi yang saya sampaikan dapat berguna untuk para pembaca.

writen by: Okta Pindika Dharma


Thanks to:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan bijak